Berani Minta Obat Generik

|


Sekarang saatnya pasien berani meminta obat generik dari dokter. Dengan obat generik masyarakat bisa lebih hemat mengeluarkan biaya dengan kualitas obat yang tidak diragukan.

Apalagi, kini obat generik berlogo menjadi pilihan utama dalam proses pengobatan di negara-negara maju. Orang kaya dan pintar makin cenderung menggunakan obat generik berlogo dalam upaya penyembuhan penyakit.

Di negara maju seperti Amerika Serikat, penggunaan obat generik berlogo sudah sangat lumrah. Masyarakat AS yang paham informasi, obat generik berlogo mengandung khasiat yang sama dengan obat bermerek, tetapi dipasarkan dengan harga jauh lebih murah.

Tidak heran jika proporsi penggunaan obat generik berlogo di negeri Paman Sam berbanding 60 : 40 dengan obat bermerek. Lewat program jaminan sosial dan asuransi kesehatan konsumen obat generik berlogo di negeri adidaya itu mayoritas dari kalangan menengah ke atas.

Kondisi berbeda kita temukan di Indonesia. Obat generik berlogo masih jarang dilirik. Masyarakat masih kurang memahami akan kualitas dan keamanan obat generik berlogo. Apalagi ada anggapan bahwa harga murah itu identik dengan kualitas rendah.

Padahal, faktanya, kualitas obat generik berlogo tidak kalah dengan obat bermerek, hanya saja harga memang dipatok murah agar terjangkau semua lapisan. Kesimpulannya obat generik berlogo memang berharga murah, tapi bukan berarti murahan.

Sudah semestinya semua pasien mulai menjadikan obat generik berlogo sebagai pilihan utama. Mengapa ragu-ragu atau gengsi, jika orang kaya dan profesional juga memilih obat generik berlogo tanpa rasa khawatir. Telah tiba saatnya kita berkata kepada dokter dan apoteker: 'Saya minta obat generik berlogo!'

By detik.com

0 komentar:

Posting Komentar