Penderita Gangguan Ginjal Disarankan Aktif

|


Meski mengalami gangguan ginjal, para pasien ginjal sebaiknya tetap aktif. Itulah saran yang muncul dari sebuah studi yang dimuat dalam Clinical Journal of the American Society Nephrology (CJASN), sebuah jurnal di Amerika Serikat yang banyak bergelut dalam dunia penyakit ginjal.

Dalam studi yang dilakukan Universitas Utah, Amerika Serikat, tersebut ditemukan fakta, latihan yang proporsional sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan pada ginjal. Para peneliti melakukan penelitian dengan melibatkan sebanyak 15.368 partisipan dewasa. Sekitar 6 persennya adalah mereka yang menderita ginjal kronis.

Hasilnya, peneliti menemukan sekitar 28 persen dari mereka yang menderita ginjal kronis, tercatat tidak aktif dalam hidup. Ini jauh dibandingkan orang di luar penderita ginjal kronis, yang hanya mencapai 13,5 persen. Selain itu, penelitian juga menunjukkan penderita ginjal kronis yang aktif dan kurang aktif ternyata memiliki risiko terhindar dari kematian prematur hingga kisaran 56 persen dan 42 persen lebih tinggi dibandingkan penderita ginjal kronis yang tidak aktif.

"Temuan ini mengindikasikan pentingnya latihan dan aktifitas fisik, meski pada penderita ginjal kronis. Ini menjadi penting lantaran banyak pasien ginjal kronis stadium III meninggal sebelum memasuki stadium akhir," ujar Srinivasan Beddhu dari Universitas Utah, seperti dikutip Sciendaily

Sumber : Liputan6.com, Washington